perkembangan bayi usia 4 bulan

Bayi yang masih usia bulanan biasanya mengalami perkembangan yang tergolong cepat dari bulan ke bulan. Contohnya seperti perkembangan bayi 4 bulan yang sudah mengalami banyak perubahan. Bagi yang tahu perkembangan bayi usia 4 bulan apa saja, kami di sini akan membahasnya secara detail.

Ada 4 poin perkembangan anak di usia 4bulan yang jarang diperhatikan. Nah, berikut ini kami sudah merangkum semuanya di artikel ini.

  • Perkembangan Kemampuan Motorik Anak

Yang pertama, dan yang paling mudah untuk diperhatikan, yaitu perkembangan motoriknya. Salah satu contoh kecil perkembangan motorik anak yaitu, si kecil sudah bisa mengangkat kepalanya sejajar dengan tubuh. Selai itu, anak juga sudah bisa menggunakan tangan sebagai penopang saat mengangkat kepalanya.

Perkembangan motorik anak di usia 4 bulan juga bisa Anda lihat melalui tangan dan kaki si kecil yang sudah bisa mengalami perubahan. Anak-anak di usia 6 bulan juga sudah bisa mengekspresikan diri mereka, contohnya seperti menggerak-gerakan tubuh, seperti mengangkat dan menghisap jempol kaki.

  • Perkembangan Kemampuan Bicara Anak

Perkembangan memasuki usia 4 bulan pada anak-anak bisa Anda perhatikan dari cara mereka  belajar melakukan komunikasi dengan lingkungannya. Bahkan mereka juga bisa terlihat mengajak kedua orangtuanya mengobrol, meski tidak sering.

Pada usia 4 bulan, anak-anak juga sudah mampu memperhatikan pergerakan bibir ibunya dan bahkan sudah bisa mengajaknya berbicara meskipun belum bisa dimengerti. Si kecil juga sudah mampu meniru cara orang sekitar berbicara.

Anak yang sudah berusia 4 bulan juga sudah bisa berceloteh memanggil “mama” atau “papa” meskipun masih belum lancar.

Perkembangan kemampuan bicara anak di usia 4 bulan bisa dimanfaatkan bagi setiap orangtua untuk membantu mereka agar bisa belajar berkomunikasi. Di sini, para orangtua bisa membantu mengembangkan kemampuan berbicara anak sesering mungkin.

  • Perkembangan Fisik Anak Usia 4 Bulan

Perkembangan fisik di usia 4 bulan juga sudah bisa Anda lihat secara mudah.  Perubahan fisik si kecil mengalami perubahan signifikan. Anak yang sudah berusia 4 bulan mengalami perkembangan fisik setidaknya 0,5 kg dibandingkan berat badan di usia 3 bulan.

Meski begitu, perubahan fisik anak untuk laki-laki dan perempuan berbeda-beda. Sebagai patokan, berikut kami sudah merangkum informasi detail perubahan berat badannya.

Berat badan bayi laki-laki biasanya naik menjadi 5,6 hingga 8,6 kilogram. Sementara itu, berat badan bayi perempuan naik menjadi 5,1 hingga 8,1 kilogram. Jika berat badan anak kurang dari berat ideal tersebut , maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

  • Perkembangan Kepekaan Anak

Poin terakhir yang bisa Anda perhatikan pada perkembangan bayi berusia 4 bulan yaitu bisa Anda lihat dari kepekaannya. Bayi di usia 4 bulan masih memerlukan ASI (Air Susu Ibu) eksklusif. Pasalnya, 4 bulan adalah usia dimana si kecil masih wajib mendapatkan ASI hingga berusia 6 bulan.

Pada saat proses menyusui bayi di usia ini, bunda harus mencari tempat yang kondusif dan tenang. Pasalnya, bayi di usia 4 bulan memiliki tingkat kepekaan yang bagus. bayi di usia ini sudah peka terhadap gangguan, contohnya seperti gangguan dari suara orang di sekitar, TV dan lain-lain. Gangguan semacam ini bisa mengakibatkan proses menyusui menjadi terganggu.

Itulah informasi seputar perkembangan bayi 4 bulan. Jangan lupa juga untuk memilih popok yang nyaman dari MAKUKU yang terbuat dari bahan SAP (Super Absorbent Polymer) anti ruam popok dan lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *