5 Tips Menjadi Pelajar berprestasi

 

Menjadi pelajar yang berprestasi tentunya memiliki makna tersendiri yang mampu membuat para orang tua, saudara, serta guru menjadi bangga. Namun prestasi sebenarnya bukan terletak pada nilai matematika yang sempurna, namun terletak pada kesungguhan siswa dalam proses belajar.
Memang kebanyakan orang lebih memperhatikan hasil dibandingkan proses. Hal ini sangat wajar, karena bagaimanapun juga hasil merupakan bunga dari proses belajar yang selama ini dilakukan. Agar mendapat prestasi yang baik dan menjadi siswa yang menyandang gelar pelajar yang berprestasi, dapat dilakukan dengan tips berikut:

Pandai Mengelola Waktu

Pelajar yang berprestasi tentunya tidak suka membuang waktu untuk kegiatan yang tidak baik, misanya bermain-main, tidur di dalam kelas, dan berbagai hal buruk lainnya. Manajemen waktu yang bagus dapat mempengaruhi berhasilnya sebuah proses belajar. Tidak hanya memiliki banyak teman dan disayang guru, namun jika kita mampu mendapat prestasi yang baik tentunya masa depan akan lebih terarah.
Beberapa kegiatan yang patut dilakukan yang berhubungan dengan mengelola waktu yaitu membagi kegiatan sesuai dengan daftar kegiatan sehari-hari. Hal ini sebenarnya tergantung pada tingkat kebutuhan siswa dalam belajar, karena memang tidak semua siswa memiliki karakter yang sama.

Memantapkan Niat

Pelajar yang berprestasi tentunya memiliki sebuah tujuan yang harus dicapai. Tujuan ini biasanya disebut sebagai cita-cita. Sebagai salah satu contoh, ada seorang siswa yang akan dihadapkan ujian saat seleksi jurusan. Siswa tersebut sebenarnya condong untuk memilih IPA, maka yang akan dilakukan siswa tersebut yakni mempelajari seluruh pelajaran yang ada hubungannya dengan IPA. Karena niat yang kuat dan rajib belajar, siswa tersebut sukses dan mendapat nilai yang memuaskan. Hal tersebut membuktikan bahwa dengan niat yang lurus, tujuan akan mudah digapai.

Aktif Dalam Kegiatan Belajar

Pada pembelajaran saat ini sedang digencarkan belajar siswa aktif. Dimana siswa mendominasi kegiatan belajar di dalam kelas. Sehingga siswa akan sangat rugi jika terkesan aktif dalam kegiatan belajar.
Dalam pembelajaran siswa aktif, guru tetap berperan menjadi tutor dan juga fasilitator bagi siswa. Siswa dikatakan aktif jika selama kegiatan belajar mengikuti dengan baik dan sering bertanya akan apa yang belum dipahami. Semakin siswa bertanya, maka pengetahuannya juga akan bertambah.

Mengikuti Perkembangan Teknologi

Tips selanjutnya agar menjadi pelajar yang berprestasi yakni turut menggunakan fasilitas yang sesuai perkembangan jaman, yakni hp, gadget, laptop, dan berbagai sosmed yang berisi tentang pendidikan.
Sangat rugi sekali jika masih usia sekolah tidak memiliki keinginan untuk belajar teknologi. Karena pada masa yang akan datang semua kegiatan pasti menggunakan teknologi.

Ikuti Kegiatan Ekstra

Pandai dalam akademik tentunya harus diimbangi dengan penguasaan bakat sosial. Bakat ini cenderung mengasah kemampuan bersosialisasi yang ada pada diri siswa. Cara mengasah bakat sosial yaitu dengan rajin mengikuti kegiatan ekstra yang ada di sekolah. Biasanya berupa pramuka, OSIS, UKS, dan juga banyak lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa.

Pandai Memanfaatkan Kesempatan

Yang namanya sebuah kesempatan, tentunya menjadi hal tersendiri yang sebenarnya harus dimanfaatkan dengan baik. Karena bagaimanapun juga kesempatan tidak datang dua kali. Jika memang sudah berusaha namun tidak dapat memanfaatkan kesempatan dengan maksimal, maka harus selalu berusaha lagi dan lagi.

Penutup

Itu tadi beberapa tips menjadi pelajar berprestasi yang patut untuk dicoba. Jangan lupa untuk menjadi pelajar yang berbudi dan berakhlaqul karimah, agar semakin baik dan semakin berprestasi.

Tinggalkan komentar