Alasan Fitting Pipa Rucika Sangat Unggul

Alasan Fitting Pipa Rucika Sangat Unggul

Dalam industry perpipaan kita tau pipa mempunyai berbagai macam bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya. Di rucika kita mengenal berbagai macam pipa dari mulai pipa PVC, kemudian ada fitting pipa, ada yang namanya pipa air panas atau kelen green dan sebagainya. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas terkait fitting pipa atau pipa penyambung antara beberapa pipa. Fitting pipa merupakan bagian dari instalasi pipa yang mana difungsikan untuk sebagai penyambung pada beberapa pipa dan selain itu juga bisa difungsikan sebagai outlet fitting atau penutup sistem instalasi pipa. Sehingga dalam sebuah instalasi pipa akan selalu membutuhkan pipa sambungan ini.

Fitting pipa yang diproduksi oleh rucika juga dari berbagai macam material pembuatannya, hal ini ditentukan dari kegunaan sambungan itu sendiri karena tentunya pipa PVC menggunakan sambungan yang berbeda dengan sambungan yang digunakan pada pipa besi. Tetapi yang paling penting untuk dipahami oleh mereka yang ingin memasang instalasi pipa adalah bagaimana bentuk dan juga nama dari fitting pipa sendiri sehingga ketika kamu ingin mendapatkannya di toko bangunan kamu tidak kebingungan untuk memilih.

5 Fitting Pipa yang Kerap Digunakan Pada Instalasi Pipa

Berikut ini tipe fitting pipa yang kerap kali dibutuhkan dalam instalasi pipa, yang mana penggunaannya harus disesuaikan dengan fungsinya.

1.     Sambungan Pipa Caps (Pipe Caps Fitting)

Untuk tipe yang satu ini digunakan oleh para teknisi pipa ketika akan mengakhiri sambungan pipa, sehingga fungsi dari caps fitting ini adalah untuk memberhentikan air yang mengalir, biasanya akan diletakkan pada ujung pipa atau fitting yang bersambungan langsung dengan pipa utama. Selain itu kamu juga bisa memilih penutup sambungan yang bisa dilepas ataupun tidak. Jika tidak maka sambungan tersebut bisa kamu las, namun jika kamu berkeinginan untuk bongkar pasang ada baiknya memilih blind flange untuk memudahkan.

2.     Sambungan Pipa Stub in (Pipe Stub-in Fitting)

Kegunaan dari sambungan ini adalah untuk memecah aliran air, bentuknya seperti huruf T yang mana percabangan ini akan membantu pemecahan aliran air maupun fluida yang asalnya dari pipa utama. Selain itu pipa stub in juga bisa difungsikan sebagai reducing tee.

3.     Sambungan Pipa Tee (Pipe Tee Fitting)

Seperti halnya dengan pipe stub-in fitting, sambungan yang ini juga diperlukan untuk pemecahan aliran air maupun fluida. Bentuk dari sambungan pipa tee ini melibatkan beberapa sambungan pipa untuk membentuk sambungan sehingga berbeda dengan stub-in yang sudah menjadi satu kesatuan.

Tee fitting sendiri mempunyai banyak macamnya ada yang ukurannya dibuat sama dengan pipa utama sehingga dikenal dengan straight tee, kemudian jika ukurannya berbeda kita kenal dengan reducing tee, dan selanjutnya ada sambungan pipa tee yang bersudut 45 derajat dengan nama lateral tee. Lateral tee akan sangat berguna ketika kamu menggunakannya pada air yang mempunyai tekanan rendah.

4.     Sambungan Pipa Pengurangan (Pipe Reducer Fitting)

Sesuai dengan namanya pipa sambungan ini akan berguna sekali untuk mengurangi aliran air ataupun fluida. Dimana dari pipa yang berukuran besar mengalir ke pipa yang berukuran kecil. Bentuk dari pipa reducer ini gampangnya bisa kita simulasikan dengan kedua ujung bisa yang berbeda satu yang berukuran pipa besar, sedangkan ujung yang lain berukuran kecil. Inti prinsip kerja disini adalah adanya pengurangan debit air yang mengalir. Terdapat dua macam pipa sambung yang bersifat reducer yaotu diantaranya ada concentric reducer da nada pula dengan eccentric reducer, yang mana mempunyai bentuk yang berbeda dan fungsi yang berbeda.

5.     Sambungan Pipa Elbow (Pipe Elbow Fitting)

Yang satu ini tentunya yang paling umum digunakan untuk membelokkan aliran air. Dimana kamu disediakan dua pilihan diantaranya ada yang mempunyai sudut 45 derajat dan juga ada yang 90 derajat. Kamu bisa menyesuaikan dengan fungsinya di lapangan, bahkan kamu bisa menggabungkan beberapa elbow untuk mendapatkan bentuk sudut yang sesuai dengan kemauan kita.

Kenapa Memilih Fitting Pipa Milik Rucika?

Setelah kita memahami terkait bentuk kemudian nama dari fitting pipa, selanjutnya yang penting untuk kita pahami adalah jangan sembarangan menggunakan merek pipa. Lebih tepatnya ada baiknya kamu langsung memilih rucika, kenapa? Berbagai alasan ditemukan terkait sambungan pipa atau fitting pipa yang diproduksi oleh rucika.

  • Mempunyai berbagai macam bentuk yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terkait pipa baik yang untuk instalasi air yang bersih, kemudian air hujan, lalu untuk pembuangan, dan berbagai instalasi pipa lainnya yang dibutuhkan di rumah ataupun gedung yang tinggi.
  • Mempunyai kualitas yang unggul, dimana ketahanan terhadap berbagai kontaminasi dari bahan kimia yang mana bisa membahayakan kesehatan secara umum. Sehingga apabila dipergunakan untuk aliran atau keadaan asam maupun basa sambungan pipa ini aman.
  • Mampu untuk di proses ulang atau daur ulang, karena material pembuatan fitting pipa rucika dari uPVC yang mempunyai karakteristik thermoplastic.
  • Mempunyai karakteristik diantaranya kekuatan yang tinggi, anti-pecah, kemudian bersifat isolator yang berkualitas, lalu mempunyai umur yang panjang, dan tidak mudah terkorosi serta pemeliharaannya yang mudah

Sebenarnya masih banyak lagi karakteristik unggul yang dimiliki fitting pipa rucika, kamu bahkan bisa menentukan jenis yang akan kamu gunakan diantaranya ada VP/AW yang difungsikan air dengan tekanan, sedangkan VU/D difungsikan pada air buangan.

Nah itulah bentuk dan nama fitting pipa yang kerap digunakan pada saat instalasi pipa. Kamu bisa menetapkan pilihan pada produk rucika yang sudah pasti mempunyai karakteristik seperti yang disebutkan diatas. Selain itu untuk keterangan yang lebih detail terkait tipe, kemudian ukurannya, lalu harganya kamu bisa secara langsung mengunjungi www.rucika.co.id agar lebih paham dan jelas.

Tinggalkan komentar