pindah kewarganegaraan

Beberapa Alasan Seseorang Ingin Pindah Kewarganegaraan

Salah satu fenoena yang kini ramai diperbincangkan ialah masalah pindah kewarganegaraaan. Hal ini sebagai salah satu bentuk kekecewaan beberapa penduduk Indonesia kepada pemerintah. Namun ada juga beberapa masyarakat yang pindah kewarganegaraan dengan alasan pekerjaan.
Warga negara yang pindah kewarganegaraan tersebut kemudian mencari cara pindah kewarganegaraan kepada pimpinan sekitar. Sebelum kita membahas cara pindah kewarganegaraan yang benar, sebaiknya kita simak beberapa alasan orang pindah kewarganegaraan berikut:

Ikut Pasangan

Bagaikan kisah romeo dan juliet, bahwa kemana saja pasangan kita pergi, kita akan mengikutinya. Ini merupakan salah satu alasan yang cukup rasional yang nantinya dapat dijadikan sebuah pertimbangan dan alasan yang jelas.
Sudah merupakan pilihan bagi semua yang memiliki jodoh di luar negara sendiri untuk tinggal di Indonesia atau ikut pasangan ke luar negeri. Jadi tentukan pilihannya ya!

Pekerjaan

Alasan orang pindah kewarganegaraan yang kedua yaitu karena pekerjaan. Memang rizki seseorang sudah di atur oleh Tuhan. Namun manusia dituntut untuk berusaha melalui bekerja. Jadi, tidak ada salahnya untuk bekerja di luar negeri ya!

Kurangnya Apresiasi

Salah satu alasan yang sebenarnya mengecewakan ialah kurangnya apresiasi oleh pemerintah kepada putra putri Indonesia yang berprestasi. Hal ini dapat membuat Generasi penerus tersebut pindah haluan ke negara lain dan mencetak prestasi baru di sana.
Dari beberapa alasan di atas, maka sudah sepatutnya orang yang akan pindah kewarganegaraan mengetahui syarat dan juga cara pindah kewarganegaraan dalam uraian berikut:

Syarat Pindah

Agar pindhnya kita diakui oleh negara, maka ada beberapa syarat yang harus diikuti, diantaranya menyiapkan dokumen berupa : Foto kopi akte, Fotokopi KTP, Fotokopi akta perkaawinan, Surat keterangan dari perwakilan negara asing, dan juga pas foto permohonan yang berukuran 4×6 berwarna.

Cara Pindah Kewarganegaraan

Jika semua persyaratan di atas telah dilengkapi, maka yang selanjutnya harus dilakukan yaitu:
a. Memiliki surat keterangan kepemilikian kewarganegaraan lain.
b. Mebuat surat permohonan dalam bahasa Indonesia pada kertas yang telah diberi materai.
c. Menyampaikan surat perohonan berserta persyaratan kepada perwakilan Republik Indonesia       yang berada di wilayah tepat tinggal pemohon.
d. Menunggu proses pemeriksaan selama 14 hari setelah berkas diterima oleh perwakilan Indonesia.
e. Menunggu pemeriksaan berkas kembali oleh menteri terhadap berkas yang disetorkan, kurang lebih 14 hari juga.
f. Mendapat keputusan presiden Indonesia tentang persetujuan pindah kewarganegaraan.

Setelah beberapa proses tersebut telah disetujui oleh presiden, maka kita sudah tidak lagi menjadi warga negara Indonesia. Pindah kewarganegaraan merupakan fenomena yang sebenarnya sangat disayangkan, karena bagaimanapun juga Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai macam budaya yang harus dijaga.

Penutup

Pindah kewarganegaraan bukan hal yang sepele ya sobat. Jadi, sebelum bertindak sebaiknya fikirkan betul-betul agar tidak kecewa di kemudian hari. Semoga ulasan tentag syarat dan cara pindah kewarganegaraan ini dapat bermanfaat buat sobat semua.

Tinggalkan komentar