prediksi tanggal lahir

Cara Menghitung Prediksi Tanggal Lahir Calon Buah Hati

Melahirkan adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap ibu hamil, maupun sang ayah. Kini, bahkan untuk menghitung prediksi tanggal lahir bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya ada cukup banyak trik yang bisa bunda coba aplikasikan untuk bisa menghitungnya.

Nah, di artikel ini, kami akan coba jelaskan cara melakukan penghitungannya secara detail kepada bunda. Melalui metode yang akan kami jelaskan di sini, bunda bisa mendapatkan hasil yang cukup akurat.

Perhitungan Berdasarkan Hari Pertama Haid

Cara perhitungan ini disebut juga dengan Naegele. Penghitungannya cukup sederhana. Caranya adalah dengan menambahkan 7 dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Setelah itu, silahkan bunda kurangi 3 bulan. Berikut kami jelaskan contohnya berdasarkan perhitungan HPHT 12 Mei tahun 2018.

  • Silahkan bunda tambahkan 7 hari dari HPHT, jadi hasilnya: 19 Mei tahun 2018
  • Kemudian bunda kurangi 3 bulan, jadi: 19 Februari tahun 2018
  • Setelah itu bunda tambahkan 1 tahun, hasilnya: 19 Februari tahun 2019

Perhitungan Menggunakan Pregnancy Wheel

Cara menghitung dengan metode ini memerlukan sebuah alat yang bisa bunda beli di apotik, bidan, maupun di klinik dokter kebidanan. Atau, bunda juga bisa menghitung kelahiran dengan metode ini melalui rumah bersalin.

Prosesnya pun mudah dan cepat. Langkah pertamanya yaitu dengan menentukan tanggal HPHT. Tanggal tersebut nantinya akan disejajarkan pada indikator kehamilan cukup bulan. Setelah itu, roda tersebut nantinya akan menunjukan hari perkiraan kelahiran.

Perhitungan Menggunakan Kalkulator Kelahiran

Metode ini tergolong cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Sistem penghitungannya dilakukan secara digital dan otomatis. Jadi, bunda tidak perlu repot-repot menghitungnya secara manual.

Aplikasi kalkulator ini juga ada yang berbasis browser yang bisa digunakan melalui website penyedia kalkulator kelahiran. Anda bisa membuka website tersebut melalui smartphone maupun komputer. Salah satunya yaitu di www.prenagen.com.

Berikut kami jelaskan cara-cara penghitungan menggunakan kalkulator kelahiran.

  1. Masuk Ke Halaman Website Penyedia

Silahkan Anda cari situs yang menyediakan kalkulator kelahiran, seperti website official Prenagen. Silahkan Anda langsung masuk ke menu penghitungan kalkulator yang tersedia. Setelah Anda memilih menu tersebut, maka Anda akan diarahkan langsung ke halaman yang menyediakan aplikasi tersebut.

  1. Masukan Data Pelengkap Pendukung.

Untuk menghitung kapan perkiraan kelahiran, bunda memerlukan beberapa data pendukung. Data-data tersebut yaitu hari pertama haid terakhir atau HPHT dan lama siklus menstruasi rata-rata.

Tinggalkan komentar