Perpanjang SIM Online

Cara Perpanjang SIM Online Tanpa Antre

Perpanjang SIM online merupakan sebuah kewajiban yang harus kamu lakukan setiap lima tahun sekali dari kamu membuat SIM. Mengingat SIM merupakan sebuah dokumen yang wajib kamu miliki apabila menggunakan kendaraan di jalan raya. Baik itu SIM kendaraan roda dua, roda empat dan seterusnya dokumen tersebut perlu kamu perbarui setiap 5 tahunnya.

Lalu bagaimana dengan kondisi minim mobilisasi sekarang ini atau masa PPKM ini tentunya kita akan sangat kesulitan apabila harus datang ke kantor resminya. Nah maka dari itu pengurusan perpanjang SIM online sangat diperlukan loh dan untungnya sudah ada aplikasi yang menangani persoalan tersebut.

Kali ini kita akan membagikan cara bagaimana kamu harus perpanjang SIM online sehingga meskipun kamu di rumah kewajibanmu terhadap negara tetap terlaksana dengan baik.

Langkah Praktis Perpanjang SIM Online yang Wajib Kamu Pelajari

Perpanjang SIM Online di era pandemi ini tentunya menjadi sebuah hal yang mengkhawatirkan apalagi jika harus keluar rumah. Namun tahukah kamu jika sudah berkembang aplikasi untuk kegitan perpanjang SIM online. Sehingga perpanjangan bisa kamu lakukan dimana saja termasuk di rumah asalkan kamu punya jaringan internet yaa.

  • Dokumen

Saat kamu ingin perpanjang SIM online ada beberapa dokumen wajib yang harus kamu lengkapi yaa. Diantaranya kamu harus mengisi formulir perpanjangan SIM yang ada di web Korlantas Polri terlebih dahulu. Kemudian siapkan KTP baik yang berupa fisik maupun dalam bentuk file atau scan, jika kamu seorang WNA maka kamu harus menyiapkan dokumen keimigrasian untuk perpanjang SIM online ini. Lalu kamu juga perlu menyiapkan SIM lama kamu dan surat sehat dari fasilitas kesehatan setempat. Serta jangan lupa melampirkan surat keterangan lulus uji simulator yang sudah kamu lalui ya.

  • Persyaratan

Setiap kamu akan perpanjang SIM ada baiknya melakukannya sebelum jatuh tempo, dimana tanggalnya bisa kalian tentukan sendiri. Namun jika kamu melewati masa berlaku, maka kamu memang diharuskan untuk membuat SIM baru sesuai dengan golongan yang kamu kehendaki. Nah perpanjang SIM bisa kamu lakukan di Satpas terdekat dengan rumahmu. Jika kamu sudah merasa dokumen yang kamu butuhkan lengkap kamu bisa langsung maju ke tahap verifikasi di kantor resmi tersebut.

Untuk biaya memang apabila kamu melakukan perpanjangan SIM secara manual maka aka nada biaya yang jauh lebih mahal yang harus kamu bayar. Yaitu kisaran 30rb hingga 80rb tergantungan golongan SIM yang kamu punya. Namun apabila kamu melakukan perpanjang SIM online maka administrasi yang kamu bayarkan hanya 5rb saja.

  • Perpanjang SIM Online

Saat akan melakukan perpanjangan SIM secara online maka kamu perlu mengunduh aplikasi SINAR dan mengikuti instruksi yang telah tersedia. Diantaranya kamu perlu melakukan verifikasi nomor ponsel dengan kode OTP. Lalu lakukan registrasi dengan menyiapkan NIK, SIM, foto KTP, SIM dan foto selfie. Kemudian kamu perlu memverifikasi NIK dan SIM yang kamu punya. Selanjutnya tentukan golongan SIM dan lokasi kantor Satpas yang dekat dengan rumah tinggalmu. Lakukan verifikasi pula terkait kesehatan dan psikologimu. Lalu masukkan rekening pengembalian, pilih cara pengirimannya, upload foto formal dan juga tanda tanganmu. Lakukan pembayaran PNBP yang telah dibebankan kepadamu dan ongkos kirimnya.

Jika langkah tersebut sudah kamu lalui maka tinggal cetak SIM, kemudian SIM yang telah kamu perpanjang akan terkirim ke alamatmu. Sangat mudah bukan, selain dengan aplikasi kamu juga bisa lewat website Korlantas Polri yaa teman-teman.

Nah tunggu apalagi jika sekarang kamu masuk jatuh tempo perpanjangan SIM, maka lakukan perpanjang SIM online saja. karena selain lebih mudah, kamu pun bisa melakukannya dimana saja dan SIM pun akan jadi serta terkirim langsung ke rumahmu. So, jangan biarkan SIM kendaraanmu mati yaa, karena melewati proses pembuatan SIM baru dari awal itu melelahkan.

Tinggalkan komentar