dokumen API

Kecanggihan Program Dokumentasi API Siap Membantu Dalam Beraktivitas Sehari-Hari Semakin Mudah dan Praktis

Pada saat ini, kita sedang hidup di masa yang modern dan canggih. Segala hal yang dilakukan dengan cepat dan instan tentu saja dengan berbagai macam bantuan peralatan yang serba canggih. Hal ini terjadi juga pada para pengguna webisite. Para pengguna website tidak bisa terlepas dari peranan API dan program web service.

dokumentasi API  merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu para developer dalam meng-interfacekan layanan website dengan sangat mudah dan praktis. Sebuah dokumentasi yang bagus menjadi salah satu acuan untuk bisa menjadi seorang API Writer yang baik juga, Langkah ini dimukai dengan cara mengubah sebuah pemikiran dari seorang developer menjadi seorang user. Sebagai seorang developer Anda harus memikirkan mengenai bagaimana cara untuk menfaatkan API dengan usaha yang sesedikit mungkin.

Untuk mendapatkan sebuah hasil dari dokumentasi API yang memuaskan dan berkualitas memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Akan tetapi, dalam proses ini  Anda perlu melewati beberapa tahapan sederhana seperti berikut ini, yaitu :

  1. Memerlukan data mengenai keterangan dengan detail tentang resource
  2. Menyediakan data parameter. Data parameter ini akan digunakan dalam sebuah resource yang biasanya menyertakan juga beberaga peraturan ( rules), format khusus dan juga beberapa keterangan mengenai resource
  3. Menyediakan sampel call dan disertai dengan sambungan ke media type body yang Anda miliki
  4. Menyediakan sampel body yang dilengkapi denhan media type body juga
  5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan sebuah code dan juga sejumlah bahasa
  6. Anda akan melihat SDK yang mana memperlihatkan mengenai bagaimana cara untuk mengakses resource denhan SDK yang sudah sesuai dengan bahasa yang digunakan.
  7. Setelah mendapatkan SDK, Anda akan mendapatkan sebuah link untuk menuju pada resource tambahan
  8. Selanjutnya, Anda harus masuk dalam opsi commeny section. Anda sangat perlu melakukan ini agar bisa mendiskusikan code yang ada di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa dengan sangat mudah berbagai code

Contoh Penggunaan Program Dokumentasi API

Seiring dengan banyaknya peminat  dokumentasi API, di luar sana ada banyak sekali jenis program API yang bisa Anda temukan. API mempunyai kemampuan di dalam mengakses pengkodean pada beberapa perusahaan. Hal inilah yang membuat aplikasi pemograman super canggih ini menjadi sangat terkenal dikalangan para developer website, Berikut ini, aa beberapa contoh penggunaan program API yang banyak digunakan, yaitu :

  1. API Google

API Google adalah sebuah layanan API yang sangat memungkinkan Anda untuk bisa terhubung dengan kode semua layanan google. API ini akan mengakuisisi Apigee yang merupakan platform manajement dari API yang sangat terkemal

  1. Facebook berbasis API

Ketika menggunakan API Facebook Anda akan sangat mudah mengakses grafik sosila dan juga alat pemasaran di facebook dengan sangat terprogram. Facebook sudah membatasi data para penggunannya yang bisa diakses melalui program API.

  1. Google Map API

Siapa sih yang tidak tahu tentang layanan google map? Pada layanan ini menyediakan API yang berisi data peta. Fitur ini bisa menampilkan lokasi penggunanya sampai dari lokasi satu ke lokasi lainnya.

Keberadaan apilkasi ini bisa memberikan kemudahan dalam melacak keberadaan pengguna. Misalnya saja, Ojek Online. Dengan apliaksi ini memberikan kemudahan para ojek online untuk bisa mendapatkan lokasi yang dituju secara akurat. Selain itu, digunakan juga untuk menentukan tarif dasar yang dihitung dari jarak.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar