Ebilling pajak

Metode Pembayaran Pajak Pakai Ebilling Pajak

Ebilling pajak merupakan sebuah metode pembayaran pajak sebagai pengganti cara pembayaran manual. Apabila kita dulu harus mengantre di bank-bank untuk melakukan pembayaran pajak setiap periodenya. Maka sekarang langkah tersebut dipermudah dengan adanya sistem ebilling pajak.

Adanya ebilling pajak tentunya akan membuat segala urusan pembayaran perpajakan lebih mudah dan efisien. Baik itu pembayaran pajak untuk usaha, penghasilan bulanan, maupun pajak untuk harta atau benda yang kamu miliki. Adanya aplikasi yang mengcover kegiatan perpajakan tentunya akan membuat masyarakat lebih taat terhadap pembayaran pajak, karena mereka sudah tidak mempunyai alasan untuk telat atau tidak sempat membayar pajak. Selain itu kegiatan perpajakan bisa terarsip secara rapi dan bisa menjadi acuan data jika diperlukan.

Namun apabila kamu termasuk orang yang belum familiar dengan adanya ebilling pajak. Maka disini kami akan mengenalkan kepada kalian bagaimana sih pembayaran pajak jika menggunakan ebilling pajak.

Langkah-Langkah Bayar Pajak Lewat Ebilling Pajak

Saat kamu akan membayar pajak menggunakan ebilling pajak, maka hal pertama yang harus kamu punya adalah ID Billing atau yang dinamakan kode Billing. Kode ini merupakan rangkaian kode yang bertindak sebagai tanda pengenal sebelum kamu membayar pajak secara online. Cara mendapatkannya pun bisa melalui beberapa jalan. Diantaranya kamu datang langsung ke kantor pajak, bisa juga lewat teller bank, kantor pos maupun dengan berkunjung ke web resmi dari Direktorat Jenderal Pajak.

Nah jika kamu menggunakan website Direktorat Jenderal Pajak, maka terlebih dahulu kamu harus melakukan registrasi awal atau pembuatan akun. Pembuatan akun kamu membutuhkan NPWP dan juga kode e-FIN yang kamu peroleh dari kantor pajak terdekat. Jika kode e-FIN sudah kamu dapatkan maka langsung saja lakukan registrasi di djponline.pajak.go.id. Pada tahap registrasi juga perlu melakukan verifikasi data lewat email untuk membuat akun tersebut aktif secara benar.

Setelah itu jika registrasi telah berhasil, maka masuklah ke website DJP online guna membuat kode Billing. Yaitu dengan melakukan permintaan ID Billing, disana kamu harus melengkapi beberapa data yang diperlukan. Baik itu pajak apa yang ingin kamu bayarkan dan periodenya. Ikuti langkah tersebut dan kamu akan mendapatkan ID Billing yang bisa kamu gunakan untuk membayar pajak nantinya.

Cara Memakai Ebilling Pajak

Jika kamu masih bingung bagaimana membuat kodenya, berikut kami berikan penjelasan lebih lanjut dari setiap langkahnya.

  1. Buka website dari Direktorat Jenderal Pajak, kemudian masuklah menggunakan NPWP yang kamu punya dan password yang telah kamu buat sebelumnya.
  2. Jika kamu sudah berhasil masuk ke akunmu, maka kamu bisa melanjutkan dengan memilih menu bayar. Nah setelah itu kamu bisa pilih logo ebilling yang muncul. Kemudian ada beberapa data atau informasi yang harus kamu berikan secara lengkap.
  3. Jika semua data sudah terisi, kamu bisa melanjutkan dengan permintaan buat kode Billing. Biasanya akan muncul captcha yang harus kamu ketikkan secara benar sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.
  4. Setelah itu kamu akan menerima data diri mengenai pajak yang akan kamu bayarkan, disini kamu harus membacanya secara teliti agar meminimalisir kesalahan yang mungkin muncul. Nah jika sudah sesuai maka kamu bisa langsung cetal kode tersebut sebelum melanjutkan proses pembayaran pajak lewat ebilling pajak.

Setelah kamu mempunyai ID Billing maka lanjutkan pembayaran pajak menggunakan aplikasi ebilling pajak secara online. Kamu bisa memilih pembayaran yang kamu kehendaki baik itu lewat ATM maupun mobile banking yaa. Menurut kami langkah ini bisa kalian lakukan dimana saja dan kapan saja kalian punya waktu. Namun ingat yaa ID Billing yang kamu dapatkan juga memiliki tenggat waktu sehingga segeralah memakainya sebelum masanya habis. Ayo mari kita taat terhadap pajak yang menjadi kewajiban kita sebagai warga negara yang baik, manfaatkan kecanggihan teknologi yang ada untuk mempermudah segala aktivitas kamu setiap harinya termasuk membayar pajak.

Tinggalkan komentar