Simak Beberapa Tips Berikut Agar AC Mobil Tetap Dingin dan Awet

Bagi pengendara mobil yang tentunya memiliki mobil pribadi, tentunya menginginkan agar memiliki AC yang dingin dan juga awet. Adanya AC mobil membuat berkendara menjadi nyaman, apalagi saat cuaca panas seperti ini. Tidak hanya untuk mendinginkan ruangan, AC juga dapat digunakan untuk menghilangkan kabut yang disebabkan oleh udara dingin saat hujan.

Namun terkadang tanpa disadari, AC mobil terasa tidak lagi dingin bahkan tidak berfungsi sama sekali. Banyak yang beranggapan, bahwa AC mobil yang sudah tidak dingin disebabkan oleh habisnya freon pada AC mobil kita. Dan ternyata ada beberapa penyebab AC mobil terasa tidak dingin, yaitu karena:

Kebocoran pada Pipa AC

Tanpa disadari hal ini menjadi penyebab utama kondisi AC mobil yang tidak dingin. Biasanya kebocoran pipa AC disebabkan oleh pipa yang berkarat dan dibiarkan terlalu lama.

Keadaan Evaporator dan Kondensor

Usahakan sering cek kondisi evaporator dan juga kondensor AC, karena jika terkena kotoran seperti kerikil kecil pun dapat menghambat udara yang keluar masuk dari AC.

Keadan Kompressor

Kompressor pada AC juga memiliki peran yang tidak kalah penting. Bagaimana tidak, putaran pada kompressor memiliki fungsi untuk mengatur sirkulasi udara pada AC mobil. Jadi pastikan agar kompressor pada AC mobil berputar dengan kencang.

Ketiga faktor di atas dapat menjadi pertimbangan sebelum memastikan dan mengklaim bahwa perlu mengganti freon pada AC. Karena akan percuma jika telah mengganti freon berkali kali namun sebab masalah AC yang tidak dingin bukan pada freon.

Setelah mengetahui beberapa penyebab AC tidak dingin, sekarang mari kita simak beberapa cara menjaga agar AC mobil tetap dingin:

Jaga kebersihan Mobil

Cara menjaga agar AC mobil selalu dingin yang pertama yaitu menjaga kebersihan mobil, terutama pada bagian kabin mobil. Hal ini dapat mempengaruhi sistem kerja AC. Semakin kabin memiliki banyak debu, maka AC akan bekerja kurang maksimal.

Tutup Jendela Saat Menyalakan AC

SUdah menjadi pantangan yang perlu dilaksanakan. Bahwa ketika menyalakan AC mobil, usahakan agar semua kaca mobil tertutup rapat. Karena daya AC akan melemah jika menggunakan AC dengan kondisi jendela mobil terbuka.

Hindari Merokok Dalam Mobil

Merokok dapat memberi suhu panas tersendiri di sekitar mobil. Sehingga alangkah baiknya jika tidak merokok saat berada di dalam mobil, terutama saat AC menyala.

Bersihkan Kondensor AC

Rajin membersihkan kondensor AC mobil secara berkala dapat enjaga kualitas AC agar dapat bekerja secara maksimal. Perawatan ini juga dapat menghindarkan kondensor dari perkaratan. Jadi usahakan setiap mencuci mobil, juga membersihkan kondensor pada AC mobil tersebut.

Bersihkan Filter

Filter pada kabin mobil juga berpengaruh pada dinginnya AC mobil tersebut. Perawatan filter pada kabin mobil sebaiknya juga dilakukan secara berkala, agar tidak merusak bagian mobil yang lain.

Servis Mobil

Perawatan AC mobil secara berkala menjadi perkara yang sebaiknya memang dilakukan. Karena pada dasarnya perlengkapan seperti AC mobil dapat berfungsi secara maksimal jika dijaga dalam pemakaiannya.

Karpet Mobil

Karpet yang menyelimuti bagian dalam mobil juga berpengaruh terhadap dingin atau tidaknya AC mobil. Jika karpet yang digunakan telah lama bahkan robek, dapat dipastikan bahwa AC juga tidak akan dingin. Jadi usahakan menjaga agar karpet mobil tetap dalam keadaan baik.

Itu tadi beberapa uraian yang dapat kita pahami, tentang cara menjaga agar AC mobil tetap dingin. Selalu rawat bagian mobil kita, agar tetap awet dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Satu pemikiran pada “Simak Beberapa Tips Berikut Agar AC Mobil Tetap Dingin dan Awet”

Tinggalkan komentar