cek ping

Suka bermain game online, pasti tahu dong dengan istilah Ping. Packet Internet Gopher, bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya kecepatan internet yang dibutuhkan PC saat mengakses data dari server induk dan sebaliknya.  Singkatnya, semakin tinggi angka ping,  semakin lag juga yang akan kamu rasakan dalam game.

Patah-patah saat bermain game online, hal yang mengganggu kan? Kesal, tentu itu pasti hal pertama yang muncul, selanjutnya kamu langsung cek ping di CMD bukan? Tapi tahu gak sih. Patah dalam game disebabkan koneksi internet kamu yang tidak stabil, lambat, bahkan putus-putus.

Secara teknis beberapa game sudah memiliki ikon untuk mengetahui lag, apa tidak. Kecepatan sendiri memiliki satuan mili detik atau MS (millisecond), semakin besar maka semakin lag pula kamu. Ya ini lah cara ampuh untuk mengurangi lag saat bermain.

Matikan semua auto-update di aplikasi

Saat menghidupkan PC, pastinya kamu kerap kali menjalankan beberapa aplikasi atau software secara bersamaan, kan? Nah, saat berbagai aplikasi itu berjalan di background, terkadang mereka suka melakukan update sendiri.

Kejadian seperti ini paling sering terjadi dengan aplikasi Steam. Untuk menonaktifkannya, kamu bisa pilih preference lalu download, kemudian pada menu di bagian kiri, kamu hilangkan ceklis pada pilihan allow downloads during gameplay.

Prioritaskan trafik internet untuk bermain game

Pada Router terbaru tersedia  fitur untuk mengatur trafik internet yang diterima dan disebarkan lewat WiFi.

Fitur ini dapat memprioritaskan kegiatan gaming, karena dapat membagi koneksi internet untuk kebutuhan tertentu.

Jauhkan dari pemakaian VPN

Seperti yang kamu tahu, saat kita memakai VPN, server PC kita akan dipindahkan ke negara yang kita tuju. Saran dari Acer sih, ada baiknya jika kamu nggak menggunakan VPN saat bermain game. Soalnya, VPN sendiri mengalihkan koneksi melalui server yang jauh untuk tujuan anonimitas, yang tentunya meningkatkan latency atau ping PC kamu.

Gamer konsol dan PC atau laptop hindari gunakan WiFi

Saran terakhir gunakan koneksi via kabel atau Ethernet/LAN. Karena bila kamu menggunakan router teralu jauh dan terhalang perangkat dapat mengganggu gelombang sinyal. Jadi kamu harus pakai internet via kabel/LAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.