Tips Menghilangkan Karang Gigi Dalam Satu Minggu

Karang gigi seringkali menjadi masalah yang awalnya terabaikan, karena keberadaannya di dalam mulut. Namun karang gigi juga dapat menjadi pemandangan yang tidak sedap untuk dipandang.

Karang gigi dalam dunia kedokteran sering disebut sebagai kalkulus gigi, yang merupkan plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa menyebabkan iritasi jika menempel di bawah gusi. Karang gigi juga membuat kurangnya rasa percaya diri karena gigi juga akan terlihat berwarna kuning.

Karang gigi biasanya disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang sudah lama dan tidak segera dibersihkan. Sisa makanan tersebut lama kelamaan akan mengeras dan bersarang menjadi karang gigi. Hal itu dikarenakan kandungan air liur yang membuat proses sedimentasi menjadi lebih cepat.
Namun kini kita tidak perlu khawatir lagi untuk mengatasi karang gigi yang mengeras, caranya bisa disimak dalam uraian berikut:

Gunakan Baking soda

Baking soda atau biasa digunakan sebagai bahan adonan kue ternyata bermanfaat untuk mempercantik gigi. Baking soda sudah terbukti dapat menghilangkan karang gigi dengan cepat. Caranya yakni dengan mencampurkan satu sendok baking soda dengan sejumput garam dapur.

Lalu gunakan sikat gigi yang sudah basah untuk menyikat karang gigi menggunakan campuran baking soda dengan garam tersebut. Lakukan ini secara rutin, agar karang gigi hilang dengan cepat.

Daun Sirih

Cara yang kedua untuk menghilangkan karang gigi yaitu menggunakan daun sirih. Masyarakat kuno jaman dahulu sering menggunakan daun sirih dengan campuran cengkeh untuk memperkuat gigi, dan kegiatan ini sering disebut dengan ‘Nginang’.

Tanpa disadari ternyata manfaat nginang tidak hanya untuk memperkuat gigi, namun menghilangkan bau mulut, memutihkan gigi, serta menghilangkan karang gigi. Coba lakukan kegiatan ini secara rutin, maka gigimu akan menjadi sehat tanpa karang gigi yang menempel.

Gunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk ternyata memiliki manfaat yang besar dalam perannya menghilangkan karang gigi. Sebelum menggunakan kulit jeruk untuk digosokkan pada karang gigi, bersihkan terlebih dahulu kulit tersebut.

Biasanya kegiatan menggosok gigi dengan kulit jeruk dilakukan pada malam hari. Hal ini dikarenakan pada malam hari kita langsung beristirahat, sehingga tidak lagi mengonsumsi makanan yang dapat mengganggu proses pelepasan karang gigi.

Gunakan Benang

Sela-sela gigi memang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Untuk itu kita bisa menggunakan benang untuk menghilangkan plak atau karang gigi. Caranya yakni dengan menggosokkan benang pada sela-sela gigi.

Hindari menggosok sela sela gigi terlalu kuat, karena hal ini dapat merusak gusi dan menyebabkan gusi berdarah.

Bersihkan Lidah

Bakteri mulut paling banyak bersarang pada lidah. Oleh karena itu, usahakan agar lidah bersih dari segala macam bakteri yang ada pada mulut. Caranya yakni turut menyikat lidah saat sedang menggosok gigi. Mungkin hal ini dapat menyebabkan sedikit mual bagi yang tidak terbiasa, namun lakukan agar mulut tetap sehat.

Setelah mengetahui berbagai uraian diatas, sekarang tidak ada lagi alasan untuk membiarkan plak gigi bersarang pada gigi yang akhirnya dapat menjadi karang gigi. Lakukan beberapa cara di atas agar gigi dan mulut menjadi sehat dan terhindar dari masalah mulut lainnya. Selamat mencoba.

Satu pemikiran pada “Tips Menghilangkan Karang Gigi Dalam Satu Minggu”

Tinggalkan komentar