Ini Cara Mengatur Finansial Hari Tua

Tulang Punggung Keluarga, Ini Cara Mengatur Finansial Hari Tua

Mengatur keuangan bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang, terlebih yang punya kehidupan konsumtif. Meskipun sulit untuk mengubah gaya hidup yang konsumtif, namun pengelolaan keuangan sangat diperlukan agar Anda bisa bebas finansial di hari tua. Berbicara soal hari tua, banyak pilihan yang bisa diambil untuk mempersiapkannya. Mulai dari membuat tabungan pensiun, membeli perlindungan Jiwa Unit Link, maupun membuka rekening investasi.

 

Waktu ideal untuk mempersiapkan hari tua adalah sejak sekarang; yakni ketika usia Anda masih produktif dan masih bisa bekerja. Selain memberikan manfaat bagi diri sendiri, tabungan untuk hari tua juga memberikan jaminan finansial bagi keluarga apabila si pencari nafkah meninggal dunia. Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan sejak dini agar kehidupan di hari tua bisa terjamin.

1.Buatlah Tujuan Keuangan yang Jelas

Dilansir dari Okezone, untuk mendapatkan kehidupan yang lebih berkualitas di hari tua, Anda harus punya tujuan keuangan yang jelas. Oleh sebab itu, tentukan tujuan keuangan Anda sejak sekarang dan mulailah konsisten untuk tujuan tersebut. Apakah untuk tabungan masa tua, untuk anak-cucu kelak, dan lain sebagainya.

Setidaknya, mulai tentukan tujuan keuangan Anda untuk lima tahun ke depan. Jika langkah pertama ini berjalan dengan baik, lanjutkan dengan tujuan keuangan jangka panjang sekitar 10-20 tahun ke depan. Dengan menentukan tujuan secara jelas, keuangan bisa lebih terarah dan terkontrol. Secara otomatis, kebiasaan hidup konsumtif pun bisa berkurang.

2.Miliki Asuransi dan Investasi

Asuransi dan investasi adalah dua poin wajib dalam hal pengelolaan keuangan untuk hari tua. Lewat investasi, Anda bisa memperoleh passive income yang berguna saat sudah tidak bekerja nanti. Sementara itu, asuransi memberikan Anda perlindungan secara finansial atas risiko-risiko yang terjadi. Jika membicarakan produk asuransi dari sudut seorang kepala keluarga, tentu pilihan tepatnya jatuh pada asuransi jiwa.

Pasalnya, perlindungan ini akan memberikan manfaat pada tanggungan kepala keluarga ketika ia tak lagi mampu bekerja karena kecelakaan atau meninggal dunia. Untuk perlindungan hari tua yang maksimal, Anda bisa memilih asuransi jiwa unit link, yang tidak hanya menjamin perlindungan, tapi juga potensi pendapatan (dari nilai investasi).

3.Atur Anggaran dengan Baik

Idealnya, semakin banyak gaji yang diperoleh, maka semakin banyak pula yang bisa ditabung. Tapi sayangnya, ada banyak keperluan yang harus dipenuhi demi gaya hidup. Sebenarnya sah-sah saja jika ingin menuruti gaya hidup hedonis maupun konsumtif. Namun, gaya hidup semacam itu tidak baik untuk keuangan Anda di masa tua.

Sebagai gantinya, aturlah anggaran Anda dengan bijak. Dilansir dari Merdeka, cara mudah untuk mengatur keuangan bisa menggunakan strategi 50/30/20. Maksudnya adalah 50 persen dari gaji bulanan dialokasikan untuk dana kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persennya untuk dana tabungan. Cara ini bisa membantu melatih konsistensi diri dalam mengelola penghasilan bulanan.

Itu di acara-cara mengatur keuangan di hari tua yang wajib diketahui oleh seorang tulang punggung keluarga. Semoga bermanfaat!

 

 

Tinggalkan komentar